1. Dapat
membedakan besaran-besaran skalar dengan besaran-besaran vektor.
2. Dapat
menentukan dimensi suatu besaran.
3. Dapat
mengubah satuan besaran dari sistem cgs ke sistem mks (SI).
4. Dapat
membaca hasil pengukuran dengan menggunakan jangka sorong / mikrometer.
5. Dapat
menghitung luas bidang menurut aturan angka penting.
6. Dapat
memilih dua besaran yang mempunyai satuan sama.
7. Dapat
menuliskan dimensi dari sebuah besaran.
8. Dapat
menjumlahkan vektor secara poligon.
9. Dapat
menghitung resultan dari dua buah gaya yang membentuk sudut tertentu.
11. Dapat
menjelaskan tentang syarat dua vektor saling berlawanan.
12. Dapat
menghitung sebuah gaya jika resultan, sudut antara kedua gaya, dan gaya yang
satu diketahui.
13. Dapat
menentukan besar gaya F yang arahnya condong ke atas dengan sudut tertentu,
jika komponen gaya yang searah sumbu-y ditentukan.
14. Pada
sebuah benda bekerja 3 gaya sebidang. Dua gaya diketahui datanya, siswa dapat
menentukan gaya ke-3 supaya benda tetap diam (tidak bergerak).
15. Dapat
menghitung kecepatan benda yang sedang bergerak lurus beraturan.
16. Dapat
menjelaskan tentang gerak relatif.
17. Dapat
menghitung kecepatan rata-rata sebuah benda yang sedang bergerak lurus.
18. Disajikan
sebuah grafik v-t dari benda yang bergerak lurus, siswa dapat menentukan
kecepatan benda tersebut.
19. Dua
benda dari jarak tertentu bergerak saling menyongsong secara glb/glbb, siswa
dapat menentukan kapan kedua benda bertemu.
20. Disajikan
sebuah grafik v-t dari benda yang ber glbb, siswa dapat menentukan salah satu
besaran yang terkait.
21. Dapat
menghitung tinggi maksimum benda yang dilempar vertikal ke atas dengan
kecepatan tertentu.
22. Dapat
menjelaskan karakteristik benda yang sedang bergerak melingkar beraturan.
23. Dapat
menghitung kecepatan linier sebuah titik yang terletak di tepi roda yang sedang
bergerak melingkar beraturan.
24. Dua/lebih
roda dihubungkan dengan tali, siswa dapat menentukan kecepatan linier salah
satu roda jika besaran-besaran yang terkait diketahui.
25. Dapat
menghitung besaran-besaran yang terkait dengan gerakan benda yang sedang
bergerak melingkar beraturan.
26. Dapat
menjelaskan hubungan antara percepatan sentripetal dengan jarak titik ke pusat
lingkaran.
27. Dapat
menentukan perbandingan kecepatan linier dua titik yang sedang bergerak
melingkar beraturan pada jarak yang berbeda dari pusat putaran.
28. Dapat
menghitung periode putaran keping CD jika kecepatan sudutnya (dalam satuan rpm)
diketahui.
29. Disediakan
beberapa benda yang massanya berbeda sedang bergerak dengan kecepatan sama,
siswa dapat menentukan benda yang membutuhkan gaya terbesar untuk
menghenti-kannya.
30. Sebuah
benda dipengaruhi tiga gaya segaris, siswa dapat menentukan keadaan benda
akibat ketiga gaya tersebut.
31. Dapat
menentukan percepatan sebuah mobil, jika massa mobil dan gaya yang
mempengaruhinya ditentukan.
32. Dapat
menghitung massa benda akibat gaya tertentu yang bekerja pada benda tersebut
dan menimbulkan percepatan tertentu.
33. Dapat
menentukan kecepatan benda setelah beberapa saat sebuah gaya konstan bekerja
pada benda tersebut.
34. Dapat
menghitung percepatan benda yang diletakkan di puncak bidang miring dengan
kemiringan tertentu.
35. Dapat
menentukan tegangan tali elevator ketika sedang digerakkan ke bawah.
36. Dapat
menentukan gaya tekan normal sebuah mobil yang sedang melintasi puncak jalan yang membukit.
ESAY
- Besaran satuan
- Resultan atau selisih dua vektor
- GLB atau GLBB (2 benda saling mendekat) ditanyakan waktu kedua benda ketemu
- Hubungan roda roda
- Gaya Normal benda di atas bukit
No comments:
Post a Comment