KISI – KISI UJIAN
NASIONAL
FISIKA SMA
TAHUN
2014
KOTA SEMARANG
No.
|
Standar
Kompetensi Lulusan
|
Indikator
SKL
|
Indikator
Soal
|
No Soal
|
1.
|
Memahami prinsip-prinsip mengukuran besaran fisika secara
langsung dan tidak langsung dengan cermat, teliti dan objektif.
|
Membaca hasil pengukuran suatu
alat ukur dan menentukan hasil pengukuran dengan memperhatikan aturan angka
penting.
|
Disajikan sebuah alat ukur siswa diminta menetukan hasil pengukuran
dengan memperhatikan ketidakpastianya dan menuliskan dalam aturan angka
penting
|
1
|
Menentukan
besar dan arah vektor serta menjumlah/mengurangkan besaran-besaran vektor
dengan berbagai cara
|
Disajaikan data/gambar beberapa besaran vektor siswa diminta menentukan
resultan dari vektor tersebut
|
2
|
||
2.
|
Memahami gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika
benda titik, benda tegar, usaha, kekekalan energi, elastisitas, impuls,
momentum dan masalah Fluida.
|
Menentukan besaran-besaran fisis gerak lurus, gerak melingkar beraturan,
atau gerak parabola
|
Menentukan salah satu besaran pada gerak lurus melalui grafik atau
kejadian berkaitan sehari-hari
|
3
|
Menentukan salah satu besaran pada gerak parabola
Menentukan salah satu besaran pada gerak melingkar
beraturan
|
4
|
|||
Menentukan
berbagai besaran dalam hukum Newton dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
Menentukan salah satu besaran yang berkaitan dengan Hukum I Newton
tentang gerak
|
5
|
||
Menentukan salah satu besaran yang berkaitan dengan Hukum II Newton
tentang gerak
|
6
|
|||
Menentukan besaran-besaran fisis dinamika rotasi (torsi,
momentum sudut, momen inersia, atau titik berat) dan penerapannya berdasarkan hukum II Newton dalam
masalah benda tegar.
|
Menentukan salah satu besaran pada hukum II Newton untuk dinamika Rotasi
|
7
|
||
Disajikan gambar benda berupa garis atau bidang atau
benda ruanghomogen siswa diminta menentukan letak titik berat benda tersebut
|
8
|
|||
Menentukan salah satu besaran berkaitan hubungan antara usaha dengan
perubahan energi
|
9
|
|||
Menentukan salah satu besaran berkaitan sifat elasisitas benda
|
10
|
|||
Menentukan salah satu besaran berkaiatan dengan peristiwa dalam kehidupan
sehari-hari berkait hukum kekekalan energi mekanik
|
11
|
|||
Menentukan salah satu besaran berkaitan dengan hukum kekekalan momentum/tumbukan
Menentukan hubungan konsep Impuls dan momentum untuk
mnentukan salah satu besaran yang terkait
|
12
|
|||
Menentukan salah satu besaran berkaitan dengan konsep Fluida Statis
|
13
|
|||
Menentukan salah satu bessaran berkaitan dengan konsep
Fluida dinamis dalam kehidupan sehari-hari
|
14
|
|||
3.
|
Memahami konsep kalor dan prinsip konservasi kalor, serta sifat
gas ideal, dan perubahannya yang menyangkut hukum termodinamika dalam
penerapannya mesin kalor.
|
Menentukan pengaruh kalor terhadap suatu zat, perpindahan kalor,
atau asas Black dalam pemecahan masalah.
|
Menjelaskan perpindahan kalor dalam pemecahan masalah
Menentukan salah satu besaran pada konsep perpindahan
kalor
|
15
|
Menentukan salah satu besaran yang berkaitan dengan
azas Black
|
16
|
|||
Menjelaskan
persamaan umum gas ideal pada berbagai proses termodinamika dan penerapannya
|
Menjelaskan proses-proses gas ideal pada termodinamika
|
17
|
||
Menentukan salah satu besaran fisis pada mesin kalor berdasar proses
thermodinamika
|
18
|
|||
4.
|
Menganalisis konsep dan prinsip gelombang, optik dan bunyi dalam
berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi
|
Menentukan besaran fisis pada gelombang melalui gambar atau persamaan
gelombang
|
19
|
|
Menjelaskan berbagai jenis
gelombang elektromagnet serta manfaat atau bahayanya dalam kehidupan
sehari-hari
|
Menjelaskan karakteristik dari Gelombang Elektromagnetik
Menjelaskan manfaat dan bahaya Gelombang
Elektromagnetik
|
20
|
||
Menentukan besaran-besaran fisis
yang terkait dengan pengamatan pada mikroskop atau teropong
|
Menentukan salah satu besaran pada
mikroskop atau teropong melalui gambar atau kejadian sehari-hari
|
21
|
||
Menentukan besaran-besaran fisis
pada peristiwa interferensi dan difraksi.
|
Menentukan salah satu besaran pada interferensi celah ganda, difraksi
pada kisi dan difraksi celah tunggal
|
22
|
||
Menentukan besaran-besaran fisis
yang berkaitan dengan peristiwa efek Doppler
|
Menentukan salah satu besaran berkait gerak relatif sumber bunyi atau pengamat
|
23
|
||
Menentukan intensitas atau taraf intensitas sumber bunyi dalam berbagai
kondisi
|
24
|
|||
5.
|
Memahami konsep dan prinsip kelistrikan dan kemagnetan dan
penerapannya dalam berbagai penyelesaian masalah
|
Menentukan
besaran-besaran fisis yang mempengaruhi medan listrik dan hukum Coulomb.
|
Menentukan salah satu besaran berkaitan gaya listrik dengan menggunakan
konsep hukum Coulomb
|
25
|
Menentukan salah satu besaran berkaitan Medan Listrik
|
26
|
|||
Menentukan
besaran fisis fluks, potensial listrik, atau energi potensial listrik, serta
penerapannya pada kapasitas keping sejajar.
|
Menentukan besaran-besaran fisis berkaiatan kapasitas keping sejajar.
Menentukan salah satu besaran berkaitan dengan susunan
kapasitor
|
27
|
||
Menentukan salah satu besaran pada rangkaian listrik tertutup dengan
menggunakan hukum I dan II Kirchoff pada dua loop
Menentukan salah satu besaran pada rangkaian listrik
tertutup dengan menggunakan hukum I khirchof pada rangkaian listrik sederhana
|
28
|
|||
Menentukan induksi magnetik yang diakibatkan oleh kawat berarus listrik kawat lurus,
melingkar atau gabungan dari keduaya
|
29
|
|||
Menentukan salah satu besaran berkaitan dengan gaya magnetik
muatan listrik yang
bergerak pada daerah bermedan magnet.
Menentukan salah satu besaran berkaitan dengan gaya
magnetik pada kawat lurus berarus yang bergerak pada daerah bermedan magnet
Menentukan salah satu besaran berkaitan dengan gaya
magnetik pada dua kawat lurus berarus atau lebih yang bergerak pada daerah
bermedan magnet
|
30
|
|||
Menentukan salah satu besaran berkaitan dengan gaya
magnetik pada kawat lurus berarus yang bergerak pada daerah bermedan magnet
|
31
|
|||
Menjelaskan faktor-faktor besaran yang berkaitan dengan GGL Induksi
|
32
|
|||
Menentukan prinsip kerja transformator berkaitan dengan
pemecahan masalah
|
33
|
|||
Menentukan salah satu besaran berkait dengan arus bolak-balik
|
34
|
|||
Menentukan hubungan antara besaran-besaran pada
rangkaian RLC pada rangkaian bolak-balik
|
35
|
|||
6.
|
Memahami konsep dan prinsip kuantum, relativitas, fisika inti
dan radioaktivitas dalam kehidupan sehari-hari.
|
Membedakan beberapa teori atom atau
kelemahan-kelemahan dan besaran-besaran berkait dengan teri atom
tersebut
|
36
|
|
Menentukan salah satu besaran pada benda yang bergerak berdasar teori
Relativitas panjang
Menentukan kecepatan relatif benda berkaitan dengan
teori relativitas
Menentukan salah satu besaran pada benda yang bergerak
berdasar teori Relativitas massa
Menentukan salah satu besaran pada benda yang bergerak
berdasar teori Relativitas energi
Menentukan salah satu besaran pada benda yang bergerak
berdasar teori Relativitas energi
kinetik
|
37
|
|||
Menjelaskan pengaruh besaran-besaran berkait efek fotolistrik
|
38
|
|||
Disajikan reaksi inti atom, siswa diminta menentukan besaran energi yang berkaitan
dengan reaksi tersebut
|
39
|
|||
Menyelesaiakan permasalahan berkaitan dengan manfaat radioaktif
|
40
|
No comments:
Post a Comment